Pahala Puasa Tdk Sampai ke Alloh Swt

Kegiatan ibadah umat Islam di penghujung Romadhon adalah zakat fitrah. Zakat sendiri merupakan satu dari rukun Islam selain Syahadat, sholat, puasa dan haji ke baitulloh jika mampu zadan wa rokhilatan.

Satu bulan rasanya cepat sekali. Memang demikian ciri-ciri mendekati kiyamat. Sebenar putaran jam nggak berubah satu pekan 7 X 24 jam, tapi rasanya seperti 3 hari dst.
Selama Romadhon ini umata Islam semakin dekat dengan nuansa peribadatan, siang hari puasa wajib, sedangkan di malam hari melaksanakan jamaah sholat tarawih dilanjutkan kajian ilmu, penderesan tilawah Qur'an, mendengarkan taushiyah dari para penasihat dan beragam acara tergantung musyawaroh ta'mir setempat.

Zakat Penyempurna Puasa

Zakat fitrah hukumnya wajib, berdasarkan perintah Alloh Swt dalam al-Qur'an surah Baqoroh (2):43
وَأَقِيْمُوا الصَّلَاةَ وَ أَتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوْا مَعَ الرَّاكِعِيْنَ
" Dan tegakkanlah sholat dan tunaikan zakat dan ruku'lah beserta orang2 yang ruku' (sholat berjamaah).

Zakat selain zakat fitrah juga wajib dibayarkan seperti zakat tajaroh (hasil perdagangan), zakat maal (kekayaan emas, perak), zakat zuru' (hasil pertanian/perkebunan).

Sesuai timing Romadhon maka yang wajib ditunaikan adalah zakat fitrah. Men-zakat-i , mensucikan pribadi dan jiwa muslim wal muslimat agar ibadah selama Romadhon bersih dari segala khilaf dan dosa yang diakibatkan dari ucapan, pikiran, sikap dan perbuatan yang mengarah ma'siyat dan mengurangi kesempurnaan ibadah puasa Romadhon.

 

Comments

Popular posts from this blog

Anda Mau Mengintip Alam Kubur ? Ini Hasilnya

Puasa Syawal, Bukan Bid'ah ?